PEMBELAJARAN DENGAN METODE MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MEMBUANG SAMPAH DI TEMPAT YANG SESUAI PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku membuang sampah sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan metode mendongeng. Hipotesis penelitian ini yaitu ada perbedaan perilaku membuang sampah pada anak kelas 3 Sekolah Dasar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode mendongeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen kuasi dengan desain amatan ulang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tiga SD Kristen 2 YSKI Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jumlah keseluruhan populasi adalah 75 anak yang terbagi dalam kelas IIIA, 25 siswa; IIIB, 25 siswa dan IIIC, 25 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive, diperoleh sampel siswa IIIB. Kelompok data perilaku membuang sampah siswa sebelum dan sesudah mendapatkan pembelajaran dengan metode dongeng dianalisis menggunakan repeated measurement analysis. Hasilnya, nilai F = 3,847 dan p < 0,05 untuk amatan perilaku membuang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya, sehingga kesimpulannya adalah ada perbedaan (peningkatan) perilaku membuang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya. Dengan nilai F = 17, 405 dan p < 0,05 untuk amatan perilaku membuang sampah pada tempatnya tidak sesuai jenisnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan (penurunan) perilaku membuang sampah pada tempatnya tidak sesuai jenisnya. Dengan nilai F = 6, 920 dan p < 0,05 untuk amatan perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan (penurunan) perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya, sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan metode dongeng. Kata kunci : perilaku membuang sampah, metode mendongeng, kelas 3 Sekolah Dasar