HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada peserta didik kelas X SMK IPT Karangpanas Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK IPT Karangpanas Semarang dengan pengambilan sampel mengunakan teknik cluster random sampling dengan total subyek 56 peserta didik. Peneliti mengajukan hipotesis penelitian bahwa ada hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada peserta didik kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu dengan alat ukur skala penyesuaian diri dan skala konsep diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi Product Moment. Hasil hipotesis ditunjukkan dengan rxy sebesar 0,668 dengan p = 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X