KEDISIPLINAN DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PADA SISWA KELAS XI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan pada siswa kelas XI. Hipotesis penelitian ini adalah semakin tinggi persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru semakin tinggi pula kedisiplinan pada siswa kelas XI. Subjek dari penelitian ini sebanyak 77 siswa dari SMA Widya Wacana Surakarta. Data dari penelitian ini menggunakan skala Kedisiplinan dan skala persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru. Penelitian ini menggunakan analisis dari teknik korelasi Product Moment. Hasil Analisis menunjukkan rxy = 0,482 (p < 0,01), sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan pada siswa kelas XI. Semakin tinggi persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru yang diterima, semakin tinggi pula kedisiplinan yang dimiliki siswa kelas XI. Persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru memberikan sumbangan efektif sebesar 23,23% terhadap kedisiplinan pada siswa kelas XI, maka hipotesis diterima.