STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang stress dan coping pada guru sekolah luar biasa bagian B (SLB/B). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada lima subjek yang bekerja sebagai guru SLB/B Dena Upakara Wonosobo yang aktif bekerja selama 20 tahun atau lebih dan orang-orang terdekat subjek (significant others). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kelima subjek mengalami gejala atau akibat stress yang bermacammacam dan disadari yaitu subjektif, perilaku, kognitif, dan fisiologis. Stress tersebut diatasi dengan beberapa coping yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan dan persamaan oleh masing-masing subjek. Coping yang digunakan oleh kelima guru SLB/B yaitu problem-focused coping dan emotion-focused coping. Kedua coping ini akan lebih efektif apabila digunakan pada saat yang tepat. Faktor yang memengaruhi coping pada guru SLB/B adalah pengalaman, usia, waktu, dan dukungan sosial.