Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial dan keterampilan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi, untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi, dan untuk menganalisis hubungan antara keterampilan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara dukungan sosial dan keterampilan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi, ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi, dan ada hubungan positif antara keterampilan sosial dengan problem-focused coping menghadapi skripsi. Subyek penelitian ada 55 orang mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah eksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan m skala dukungan sosial, skala keterampilan sosial, dan skala problem-focused coping. Uji hipotesis dianalisis dengan Analisis Regresi Berganda dan Korelasi Product Moment. Hasil Analisis Regresi Berganda adalah R=0.705, dengan F=25.639 (p<0.01). Kemudian hasil Korelasi Product Moment antara dukungan sosial dengan problem-focused coping adalah rxy=0.454 (p<0.01), sedangkan antara keterampilan sosial dengan problem-focused coping adalah rxy=0.658 (p<0.01), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara variabel dukungan sosial dan keterampilan sosial dengan problem-focused coping. Maka dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis diterima