HUBUNGAN ANTARA APLIKASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aplikasi metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan motivasi belajar Matematika pada siswa SMA kelas X. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara metode pembelajaran STAD dengan motivasi belajar Matematika pada siswa SMA kelas X. Penelitian dilakukan dengan populasi siswa SMA kelas X di SMA Z Semarang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling dengan total subyek 60 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala motivasi belajar Matematika dan kuesioner metode pembelajaran STAD. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis chi-square. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh χ2 sebesar 1,098 dengan p sebesar 0,217 (p>0,05), yang berarti tidak ada hubungan antara metode pembelajaran STAD dengan motivasi belajar Matematika pada siswa SMA kelas X.