Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat pengaruh diantara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Kecerdasan intelektual mahasiswa akan dinilai dari kemampuan memecahkan masalah, intelegensi verbal, dan intelegensi praktis. Kecerdasan emosional mahasiswa akan dinilai dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, dan kemampuan sosial. Perilaku belajar mahasiswa akan dinilai dari kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Convenience Sampling. Jumlah kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa sebanyak 103 exemplar. Dari 103 exemplar kuesioner, terdapat 13 exemplar yang tidak dapat diolah. Jadi dalam penelitian ini data yang dapat diolah adalah sebesar 90 exemplar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan bahwa kecerdasan intelektual memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa perilaku belajar memiliki pengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi