METODE SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDK SANG TIMUR SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode suku kata mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDK Sang Timur Semarang. Penelitian ni menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa kelas satu SDK Sang Timur Semarang yang belum lancar membaca permulaan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -1,826 dengan p < 0,05 (0,034) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran membaca dengan metode suku kata. Skor kemampuan membaca permulaan sesudah pembelajaran lebih tinggi daripada sebelum dilakukan pembelajaran, dimana didapatkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata posttest 14,2 lebih besar dari nilai pretest 7,9. Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.