Pengaruh Kualitas Informasi Dan Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Minat Penggunaan Sistem Informasi Pada Bank Di Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan pengguna dan minat penggunaan sistem informasi pada bank di Semarang. Sampel penelitian adalah karyawan akuntansi yang bekerja pada bank di Semarang dan bekerja menggunakan sistem informasi akuntansi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah (1) Kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. (2) Kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. (3) Kualitas informasi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi. (4) Kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi. Dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh yang signifikan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi hal ini berarti bahwa kualitas informasi tinggi ataupun rendah tidak akan berdampak pada kepuasan pengguna sistem informasi. Kemungkinannya justru karena informasi tidak digunakan atau dengan kata lain kepuasan pengguna sistem informasi tidak dipengaruhi oleh informasi yang dihasilkan oleh sistem. Hal ini didukung dari statistik deskriptif, terlihat bahwa rata-rata kualitas informasi masuk range tinggi yang artinya responden menilai bahwa kualitas informasi yang dihasilkan tinggi.