Daftar Isi:
  • Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Karyawan dalam suatu perusahaan merupakan salah satu aset utama sekaligus pelaku dalam mekanisme perusahaan. Apabila kepuasan kerja karyawan rendah maka akan berdampak buruk pada kelangsungan suatu perusahaan. Maka dari itulah dibutuhkan upaya-upaya dari pihak perusahaan dan karyawan itu sendiri agar bisa meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja karyawan pada CV. Rahmatika Jati Furniture (CV. RJF), melihat data turnover, kehadiran, dan keterlambatan karyawan yang cenderung memburuk dari tahun ke tahun serta bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan maupun karyawan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan pada CV. RJF diukur menggunakan analisis deskriptif yakni berdasarkan 5 aspek yang mempengaruhi kepuasan kerja itu sendiri yakni : pekerjaan itu sendiri, gaji/upah, atasan/supervisi, rekan kerja, dan kondisi kerja. Hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap 45 orang responden terdapat kesimpulan bahwa persepsi karyawan mengenai kepuasan kerja pada CV. RJF termasuk dalam kategori tinggi. Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pihak perusahaan CV. RJF untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan berupa memberikan tunjangan BPJS, memberikan upah makan siang, dan memberikan THR penuh tepat waktu. Sedangkan upaya-upaya yang sudah dilakukan karyawan untuk meningkatkan kepuasan kerja sebagai berikut : menjaga nama baik perusahaan, menghemat pengeluaran keluarga, mematuhi nasehat atasan, berkomunikasi akrab dengan rekan kerja, dan rutin membersihkan area kerja (menyapu, mengepel, dll).