PENGARUH PELATIHAN SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN PADA ANAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku kemandirian anak sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan self management. Hipotesis penelitian ini yaitu ada pengaruh pelatihan self management terhadap kemandirian anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimental, dengan memakai tehnis modifikasi perilaku. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Kristen 2 YSKI Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jumlah keseluruhan populasi adalah 75 anak yang terbagi dalam kelas VA, 25 siswa; VB, 25 siswa dan VC, 25 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel cluster random, diperoleh sampel siswa VA. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis dengan teknik analisis independent sampel t-test. Perbedaan perubahan kemandirian yang signifikan ini terlihat pada taraf satu persen dengan nilai t=5,455 (p<0.01), dimana tingkat perubahan kemandirian pada kelompok eksperimen lebih tinggi 5,479 dibandingkan pada kelompok kontrol. Berdasarkan analisis lanjutan dengan teknik analisis kovarian (ANAKOVA), terdapat perbedaan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang signifikan, dengan mengendalikan skor pretest (F=37,721; p<0,01). Dengan demikian pelatihan self management terbukti mampu meningkatkan kemandirian dalam kelompok eksperimen. Sumbangan pelatihan self management dalam peningkatan kemandirian berdasarkan nilai partial eka squared adalah 24,5 persen, sedangkan sisanya 75,5 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.