Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan orientasi kewirausahaan berdasarkan gender pada UMKM bakery di Kota Semarang. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui secara deskriptif dimensi-dimensi orientasi kewirausahaan yang dimiliki. Dimensi orientasi kewirausahaan yang digunakan adalah berlandaskan Lumpkin & Dess (1996), dimana orientasi kewirausahaan terdiri dari otonomi, inovatif, kemampuan mengambil resiko, proaktif, dan agresivitas dalam bersaing. Penelitian ini menggunakan 30 responden yang merupakan pemilik UMKM bakery di Kota Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data menggunakan validitas, reliabilitas, dan analisis deskriptif, sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keduanya, pria dan wanita memiliki orientasi kewirausahaan yang tergolong tinggi. Rata-rata skor orientasi kewirausahaan secara keseluruhan lebih tinggi wanita dibandingkan dengan pria, tetapi perbedaan tidak signifikan. Hasil uji hipotesis mengungkapkan bahwa tidak terdapat perbedaan orientasi kewirausahaan berdasarkan gender pada UMKM bakery di Kota Semarang.