PERANCANGAN CITY BRANDING KABUPATEN RAJA AMPAT SEBAGAI DESTINASI WISATA “LAST PARADISE”
Daftar Isi:
- Papua Barat memiliki sumber daya alam yang sangat berpotensi sebagai destinasi wisata dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tetapi pencitraan ketertinggalan di daerah Papua yang masih tertanam didalam pikiran orang-orang mempengaruhi minat dalam berwisata ke daerah Papua. Tujuan dilakukannya city branding Kabupaten Raja Ampat agar dapat meningkatkan minat bagi wisatawan terutama wisatawan domestik untuk berwisata ke Kabupaten Raja Ampat dan juga untuk memperbaiki citra negatif tentang daerah Papua Barat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan teknik wawancara, riset etnografi dan pengisian kuesioner untuk mendapatkan data yang valid dan pendekatan yang mendalam terhadap target sasaran. Hasil riset menunjukkan media internet masih menjadi media utama dalam mencari informasi terkini. Informasi dapat tersampaikan cukup baik, namun masih banyak yang belum mendapatkan informasi yang lengkap tentang Raja Ampat, sehingga pembuatan media utama berupa mobile application yang berfungsi sebagai tour guide bagi target sasaran dapat memberikan informasi lengkap serta menarik minat untuk berkunjung ke Raja Ampat. Perancangan city branding ini mampu memunculkan citra positif dari Kabupaten Raja Ampat dan dapat meningkatkan minat wisatawan domestik untuk berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat. Perancangan ini juga akan menjadi pelopor strategi komunikasi visual di daerah Papua dan akan menjadi contoh bagi kota-kota lain di daerah Papua.