PENGENDALIAN EKSPRESI MARAH PADA REMAJA DITINJAU DARI PERILAKU KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara perilaku kecanduan bermain game online dengan pengendalian ekspresi marah pada remaja. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara perilaku kecanduan bermain game online dengan pengendalian ekspresi marah pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah skala pengendalian ekspresi marah dan skala perilaku kecanduan bermain game online. Sampel diambil secara insidental sebanyak 50 orang gamer, yang diambil dari Zen Game Center, Retro Net, Anggrek Net, dan XYZ Game Center, dan XYZ Underground dengan 10 orang sampel tiap game center. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yakni terdapat hubungan negatif (dengan rxy= -0,346; p<0,01) antara perilaku kecanduan bermain game online dan pengendalian ekspresi marah pada remaja. Semakin tinggi perilaku kecanduan bermain game online, berarti semakin rendah pengendalian ekspresi marah pada remaja, dan sebaliknya.