Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi, keuntungan dan kerugian pelaku usaha Jasa Ojek Keliling di kota Tegal dalam menerapkan e-Commerce. Sampel dari penelitian ini adalah responden Jasa Ojek Keliling di kota Tegal yang terdiri dari pemilik usaha, 2 karyawan senior dan 2 konsumen B2B (Business to Business). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan pengisian kuesioner dengan menggunakan skala likert, dimana kriteria rentang skala antara skor 5-14 masuk kedalam kriteria rendah dan skor 15-24 masuk kedalam kriteria tinggi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deksripsi kualitatif, teknik analisis data yang digunakan dengan mengategorisasikan data sesuai dengan fokus masalah penelitian dan mengintepretasikan data. Hasil penelitian menunjukan motivasi, keuntungan dan kerugian pelaku usaha Jasa Ojek Keliling di Kota Tegal dalam menerapkan e-Commerce, pada variabel motivasi yaitu terdapat skor rata-rata 20,2 dan masuk kedalam kategori tinggi, pada variabel keuntungan terdapat skor rata-rata 19,13 dan masuk kedalam kategori tinggi dan pada variabel kerugian terdapat skor rata-rata 15 dan masuk kedalam kategori tinggi. Saran bagi pelaku usaha Jasa Ojek Keliling di kota Tegal dalam menerapkan e-Commerce yaitu pelaku usaha menyediakan fitur pembayaran online, terintegrasi dengan Google maps dan juga berinovasi seperti pada adoption menu produk baru Go-Jek.