Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara penyesuaian diri pada siswa asrama dengan prestasi belajar. Hipotesis penelitian terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri pada siswa asrama dengan prestasi belajar dengan mengontrol inteligensi. Populasi penelitian merupakan siswa asrama putra dan putri kelas 10 SMA Sedes Sapientiae Bedono dengan jumlah sampel 68 siswa. Siswa yang menjadi subyek penelitian merupakan siswa asrama SMA Sedes Sapientiae Bedono dan kelas 10. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan korelasi Partial. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi penyesuaian diri pada siswa asrama dengan prestasi belajar memiliki rxy sebesar 0.188 dengan p=0.063 (p>0.05) sedangkan koefisien korelasi antara penyesuaian diri pada siswa asrama dengan prestasi belajar mengontrol inteligensi rxy.z sebesar 0.172 dengan p=0.083 (p>0.05). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara penyesuaian diri pada siswa asrama dengan prestasi belajar dengan mengontrol inteligensi, maka hipotesis yang diajukan ditolak.