Daftar Isi:
  • Penundaan saat mengerjakan tugas- tugas akademik pada siswa SMA menjadi hal yang seharusnya dihindari karena dapat memberikan efek negatif baik internal maupun eksternal seorang siswa. Regulasi diri dapat membantu siswa untuk menghindari penundaan akademik tersebut dengan melakukan pengaturan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Subyek yang digunakan adalah siswa/i angkatan XXI SMA Pangudi Luhur van Lith Muntilan, di mana subyek tinggal di asrama dengan peraturan yang ketat. Hasil analisis data menggunakan product moment menunjukkan rxy= -0,574 dengan p<0,01. Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik pada siswa/i angkatan XXI SMA Pangudi Luhur van Lith Muntilan. Sumbangan efektif regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 33%.