Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti tentang pengaruh corporate social responsibility dan mekanisme corporate governance terhadap nilai perusahaan. Ada 4 fenomena mengapa penelitian ini penting untuk diteliti. Pertama, pengungkapan CSR oleh perusahaan karena kinerja sosial merupakan hal yang cukup penting bagi citra (reputation) perusahaan, terutama untuk jangka panjang perusahaan yang dapat memberi kontribusi cukup berarti dalam pengembangan berkelanjutan bagi perusahaan. Kedua, CSR saat ini bukan lagi bersifat sukarela/ komitmen yang dilakukan perusahaan dalam mempertanggungjawabkan kegiatan perusahaannya. Ketiga, Pengungkapan CSR dapat dikaitkan dengan corporate governance. Gagasan utamanya adalah good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik adalah mewujudkan tanggung jawab sosial atau CSR. Keempat, dari ke 3 fenomena diatas maka membuat para peneliti terdorong untuk meneliti pengaruh dari pengungkapan CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Hasil dari penelitian tersebut terkadang memberikan hasil yang berbeda – beda, sehingga masih menjadikan perdebatan. Hal inilah yang menarik untuk diteliti. Dengan menggunakan sampel perusahaan manufaktur terdaftar di BEI tahun 2011-2015, penelitian ini memberikan hasil bahwa (1) Corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (5) Komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan