PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility saat ini bukan lagi bersifat sukarela / komitmen yang dilakukan perusahaan didalam mempertanggungjawabkan kegiatan perusahaannya, melainkan bersifat wajib/menjadi kewajiban bagi beberapa perusahaan untuk melakukan atau menerapkannya. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UU PT), yang disahkan pada 20 Juli 2007. Berdasarkan penelitian terdahulu, terdapat inkonsistensi hasil antar penelitian dengan hasil yang berbeda dalam pengaruhnya terhadap pengungkapan CSR. Hal ini merupakan suatu fenomena yang perlu diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan suatu hubungan dari kejadian tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah saham-saham perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45 di BEI periode 2011-2014. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility