ANALISIS PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK, AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Studi Empiris pada KAP dan Perguruan Tinggi di Semarang dan Yogyakarta)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi akuntan publik, akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Analisisnya didasarkan pada jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan di Semarang dan Yogyakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, yaitu H1: Terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik, akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan. Sedangkan hipotesis kedua merupakan pengembangan dari hipotesis pertama, yaitu H2: Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi S1 dan mahasiswa akuntansi Pendidikan Profesi Akuntan. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis hipotesis pertama yaitu ANOVA (Analysis of Variance), sedangkan untuk menganalisis hipotesis kedua menggunakan Independent Sample T-test. Hasil menunjukkan bahwa, pertama, terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik, akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan. Perbedaan tersebut kemudian ditelusuri kembali dengan Post Hoc Test dimana dalam Multiple Comparisons menunjukkan bahwa perbedaan tersebut terjadi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Kedua, terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi S1 dan mahasiswa akuntansi Pendidikan Profesi Akuntan terhadap Kode Etik Akuntan.