ctrlnum 14149
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/14149/</relation><title>PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT&#xD; TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM&#xD; PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN&#xD; SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL&#xD; MODERATING&#xD; (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar di Semarang)</title><creator>PROBOWATI, WORO SITA LAKSMI</creator><subject>Total Quality Management</subject><description>Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh&#xD; perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang&#xD; telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya. Namun&#xD; demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan / faktor-faktor penyebab keefektifan&#xD; penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi&#xD; menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap&#xD; sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaran-sasaran&#xD; yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja, sistem penghargaan / reward system dan perilaku&#xD; manajer. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM), dan komponen&#xD; Sistem akuntansi yang meliputi : Sistem Pengukuran Kinerja dan kinerja karyawan yang&#xD; didasarkan pada penghargaan dan perilaku. Penelitian ini menggunakan insentif individual.&#xD; Penghargaan diberikan berupa insentif yang diberikan secara individual ataupun kelompok.&#xD; Sedangkan kinerja yang diukur adalah kinerja manajerial pada tingkat menengah. Oleh karena itu&#xD; responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari tingkat menengah.&#xD; Penelitian ini menggunakan data 12 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang.&#xD; Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dari tingkat menengah. Kuesioner&#xD; yang dikirim / diminta oleh perusahaan yang diteliti sebanyak 60 kuesioner, tetapi yang kembali&#xD; hanya 40 kuesioner (respon rate sebesar 67%), dari 40 kuesioner tersebut hanya 36 kuesioner yang&#xD; diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 36&#xD; kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji&#xD; interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja, dan Total&#xD; Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan, serta Total Quality Management (TQM)&#xD; dengan Perilaku Manajer apakah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap&#xD; Kinerja Manajerial.&#xD; Hasilnya ditemukan bukti bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam interaksi antara&#xD; Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja. Juga ditemukan bukti&#xD; bahwa interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer dan Total&#xD; Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial tidak signifikan</description><date>2005</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/1/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/2/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/3/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/4/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/5/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/6/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/7/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14149/8/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PROBOWATI, WORO SITA LAKSMI (2005) PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata. </identifier><recordID>14149</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PROBOWATI, WORO SITA LAKSMI
title PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar di Semarang)
publishDate 2005
topic Total Quality Management
url http://repository.unika.ac.id/14149/1/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20COVER.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/2/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20I.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/3/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20II.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/4/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20III.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/5/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/6/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20BAB%20V.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/7/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/8/00.60.0034%20Woro%20Sita%20Laksmi%20Probowati%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unika.ac.id/14149/
contents Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan / faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja, sistem penghargaan / reward system dan perilaku manajer. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM), dan komponen Sistem akuntansi yang meliputi : Sistem Pengukuran Kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan dan perilaku. Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan diberikan berupa insentif yang diberikan secara individual ataupun kelompok. Sedangkan kinerja yang diukur adalah kinerja manajerial pada tingkat menengah. Oleh karena itu responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan data 12 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dari tingkat menengah. Kuesioner yang dikirim / diminta oleh perusahaan yang diteliti sebanyak 60 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 40 kuesioner (respon rate sebesar 67%), dari 40 kuesioner tersebut hanya 36 kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 36 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja, dan Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan, serta Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer apakah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Manajerial. Hasilnya ditemukan bukti bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja. Juga ditemukan bukti bahwa interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer dan Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial tidak signifikan
id IOS2679.14149
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-07-10T07:09:10Z
last_indexed 2017-07-10T07:09:10Z
recordtype dc
_version_ 1765771828459995136
score 17.538404