Daftar Isi:
  • PT KR adalah perusahaan biro wisata yang bergerak dibidang jasa penjualan tiket pesawat udara, tiket kereta api eksekutif, voucher hotel, jasa pembuatan pasport dan visa, penyelenggara perjalanan wisata tour Domestic dan tour Internasional juga sebagai penyelenggara kegiatan Haji dan Umrah. Dalam operasional perusahaan, PT KR bekerja sama dengan perusahaan – perusahaan maskapai penerbangan Domestic maupun Internasional, perusahaan Kereta Api Indonesia, dan beberapa hotel – hotel ternama di Semarang dan sekitarnya. Kegiatan operasional perusahaan didominasi oleh penjualan kredit dibandingkan penjualan tunai, karena penjualan kredit merupakan salah satu cara supaya perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan penyelengara jasa wisata yang lain. Masalah yang dihadapi perusahaan dalam operasionalnya dewasa ini adalah terjadinya kredit macet di perusahaan dan turn over karyawan yang tinggi dan SPI yang lemah terkait dengan kebijakan lembur pada Hari Minggu. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dan observasi. Wawancara diberikan kepada karyawan yang terlibat langsung dengan manager bagian penjualan, bagian akunting, bagian keuangan, dan bagian – bagian lain yang terkait dengan operasional perusahaan saat lembur hari Minggu. Tipe data yang digunakan yaitu tipe data kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis data – data yang diperoleh dan mengevaluasi Sistem Pengendalian Internal (SPI) dalam Siklus Penjualan untuk menentukan keungulan dan kelemahan yang ada dalam sistem tersebut.