Perancangan Komunikasi Visual Wisata Alam Terbuka Hijau Semarang
Daftar Isi:
- Ruang terbuka hijau (RTH) atau yang dikenal sebagai taman kota merupakan wisata alam terpendam dari sebuah kota terutama di kota Semarang. Kota Semarang memiliki potensi membentuk brand image yang baru melalui potensi yang terpendam satu ini. Angka wisatawan domestik maupun mancan negara yang berkunjung ke kota Semarang dari tahun ke tahun,yang masih tidak stabil merupakan salah satu penyebab munculnya perancangan komunikasi visual wisata alam terbuka hijau semarang , melalui fotografi. Lalu bagaimana perancangan desain komunikasi visual yang tepat dilakukan untuk menanggapi permasalahan wisata alam terbuka hijau di kalangan masyarakat kota Semarang? Melalui metode penelitian deskripsi, korelasional, kualitatif, wawancara, studi literatur penulis dapat menarik kesimpulan bahwa RTH ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan para anak muda yang berusia 15-30 (usia produktif) dengan SES A-B. Melalui media yang dekat dengan target, seperti buku, media online, website, koran ataupun media lainnya. Dengan pendekatan desain kearah yang minimalis namun merinteraksi dengan baik diharapkan dapat mengambarkan karakteristik dari target yang di tuju. Dengan mengunakan media utama buku dengan pendekatan fotografi diharapkan dapat menyumbangkan kesatuan dalam gaya desain untuk menguatkan RTH kota Semarang. Keseragaman desain dari tahap ke tahap dapat mempermudah dan menambah kesan DKV tersendiri bagi para pembaca / target utama. Kata Kunci : Taman, Berinteraksi, Bersih(Putih)