Daftar Isi:
  • Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat memacu dunia usaha untuk lebih peduli pada stategi dan taktik untuk memperoleh dan mempertahankan pembeli dan calorip,embeli,Selama 'ini yang umum diukur adalah kinerja keuangan seperti retilrl1 on investment; return on equity, profit margin dan yang terbaru adalah economic value added dimana para manajer yang berhasil "l11encapai tingkat keuntungan yang tinggi dianggap berhasil namun semuanya itu hanya secara jangka pendek Pengukuran seperti ini dianggap tidak memadai lagi untuk memperoleh informasi bagi . kelangsungan hidup perusahaan. Untuk memperbaiki keadaan yang demikian maki "muncul pengukuran-pengukuran yang si fatnya non keuangan misalnya dari kepuasan pelanggan, kualitas dan lainnya. Balanced Scorecard merupakan salah satualternatif pengukura"n kinerja tersebut yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton ini adalah karena pendekatan ini berusaha menterjemahkan misi dan stategi perusahaan ke dalam tujuantujuan dan pengukuran-pengukuran yang dilihat dari empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, persepektif prosesbisnis internal, perspektif belajar dan pertumbuhan.