PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS DAN REAKSI PASAR: STUDI EMPIRIS PADA EMITEN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan reaksi pasar perusahaan manufaktur pada emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 145 perusahaan tahun 2005. Pengungkapan CSR yang diuji adalah dalam bentuk indeks (CSRI), sedangkan proksi dari profitabilitas adalah operating profit margin dan proksi dari reaksi pasar adalah abnormal return. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap dua variabel dependen sekaligus dan untuk menguji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel indeks CSR berpengaruh positif terhadap operating profit margin dan abnormal return.