Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar pada taruna tingkat satu Akademi Kepolisian, hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar pada taruna tingkat satu Akademi Kepolisian. Subyek penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah taruna tingkat satu Akademi Kepolisian. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar yang berisi item-item berdasarkan aspek-aspeknya dan skala penyesuaian diri yang berisi item-item berdasarkan aspek-aspeknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment dari Karl Person, diperoleh r sebesar 0, 467 (p < 0,01), dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar pada taruna tingkat satu. xy