PERANCANGAN CITY BRANDING KOTA TEGAL UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN MELALUI BAHASA TEGAL
Daftar Isi:
- Bahasa merupakan suatu elemen terpenting dalam berkomunikasi. Dan bahasa selalu digunakan disetiap komunikasi terjadi dan kehidupan kita tidak dapat lepas dari yang namanya bahasa. Setiap bahasa yang ada memiliki keunikan dan cara pengucapan (dialek) masing-masing. Di Indonesia banyak sekali bahasa yang dimiliki. Bahasa daerahnya sangat beragam. Salah satunya yaitu bahasa Tegal. Bahasa ini sudah sangat familiar di kuping masyarakat. Bahasa ini memiliki ciri khas dari pengucapannya yang otentik. Metodologi yang digunakan yaitu dengan cara tinjauan pustaka, interview dan kajian data kualitatif untuk mendapatkan data. Seluruh data yang diperoleh lalu dianalisa dan mendapatkan hasil yang digunakan sebagai perumusan masalah. Banyak masyarakat diluar kota Tegal menganggap bahasa ini merupakan bahasa yang lucu, dan masih banyak juga yang menganggap bahasa ini adalah bahasa kaum rendah. Oleh karena itu, dengan pembuatan city branding dari kota Tegal yang menggunakan bahasanya, diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat diluar akan bahasa ini. Sehingga masyarakat kota Tegal dapat dengan bebas berkomunikasi atau mengucapkan bahasa Tegal sesuka mereka. Hal ini dilakukan dengan cara pendekatan desain yang sesuai dengan target sasaran, sehingga dapat terlihat lebih menarik. Desain yang digunakan yaitu onomatopoeia (bunyi yang divisualkan). Desain ini digunakan agar mempermudah pendatang untuk mengucapkan bahasa Tegal. Karena ketika wisatawan datang ke kota Tegal, diharapkan mereka dapat berkomunikasi menggunkan bahasa Tegal. Kata kunci: Tegal, Bahasa, Desain, Onomatopoeia