Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional Mahasiswa jurusan Akuntansi berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman Akuntansi. Kecerdasan emosional di ukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Sedangkan tingkat pemahaman akuntansi di ukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Metode yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dengan 5 skala likert yang di adopsi oleh Trisnawati dan Suryaningsum (2003). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial dalam penelitian ini secara berurutan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah pengenalan diri (0,006), pengendalian diri (0,012), motivasi (0,007), dan keterampilan sosial (0,005), sedangkan pengaruh negatif terjadi pada empati (-0,002). Nilai adjusted R2 menunjukkan nilai sebesar 0,090. Hal ini mengindikasikan bahwa 9 % variasi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dapat dijelaskan dari variasi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial.