Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi akuntansi untuk pembelian, penjualan, dan persediaan barang sehingga menghasilkan laporan keuangan yaitu laporan laba rugi bersih dan laporan-laporan operasional ( pembelian, penjualan, dan persediaan). Metodologi pengembangan sistem ini adalah Rapid Application Development (RAD) dan software yang digunakan untuk membuat form dan source adalah Microsoft Visual Basic 6.0. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Sistem administrasi yang ada pada CV MADHYA semuanya dilakukan secara manual. (2) Kelemahan-kelemahan yang ditemukan dari pencatatan secara manual yaitu keterlambatan informasi yang diperoleh pemilik, hal tersebut dikarenakan adanya proses pencatatan antara pembelian, penjualan, dan stok barang dilakukan secara terpisah sehingga untuk mencatat pembelian, penjualan, dan stok barang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. (3) Program Inventory sudah mencakup semua pencatatan administrasi, lebih cepat, lebih mudah dan memperkecil terjadinya kesalahan dalam pelaporan.