Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis yang meningkat dewasa ini menuntut perusahaan untuk dapat mencapai keunggulan dalam bersaing. Salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan kinerja manajer. Dalam meningkatkan kinerja manajer, yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan-kemampuan yang lebih banyak menggunakan cara berpikir analitis saja, akan tetapi juga dibutuhkan kemampuan yang melibatkan perasaan atau emosi, dalam hal ini yaitu EQ (kecerdasan emosional). Dengan adanya penerapan EQ di tempat kerja merupakan suatu instrumen untuk menyelesaikan masalah dengan rekan kerja, komunikasi yang terbuka dan jujur, menyelesaikan pekerjaan sampai selesai, dan dalam berbagai hal lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan. Dalam penelitian ini obyek yang dipilih adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Semarang. Penelitian menggunakan kuesioner untuk memperoleh data dari responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh suatu hasil bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer.