Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi (motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi) dan suport pendidikan terhadap minat mahasiswa PPAk untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi antara mahasiswa PPAk bekerja dengan mahasiswa PPAk tidak bekerja. Terdapat lima hipotesis dalam penelitian ini, hipotesis pertama sampai keempat diuji dengan regresi berganda sedangkan hipotesis kelima duji dengan menggunakan indipendent samples t-test dengan signifikansi a=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kualitas dan motivasi ekonomi tidak mempengaruhi mahasiswa PPAk untuk mengikuti PPAk. Sedangkan variabel motivasi karir dan suport pendidikan berpengaruh terhadap mahasiswa PPAk untuk mengikuti PPAk. Dengan mengikuti PPAk, diharapkan mahasiswa dapat meniti jenjang karir yang lebih baik didunia kerja dan tersedianya suport pendidikan, semakin mendukung mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Tidak terdapat perbedaan motivasi antara mahasiswa PPAk bekerja dengan mahasiswa PPAk tidak bekerja.