Daftar Isi:
  • Dunia bisnis tidak akan lepas dari yang namanya persaingan. Persaingan akan selalu ada di segala macam bisnis dan industri apapun termasuk DP Mall Semarang yang bersaing dalam industri pusat perbelanjaan di Semarang. Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi dimana perusahaan keluar dari persaingan dalam industri sekarang ini (samudra merah) dan masuk ke samudra biru dengan menciptakan ruang pasar dan permintaan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh DP Mall Semarang saat ini dan untuk merumuskan strategi bersaing samudra biru bagi DP Mall Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara melalui teknik purposive sampling. Perumusan strategi samudra biru dilakukan melalui tiga tahapan, pertama adalah membuat kanvas strategi, kedua adalah melihat peluang dengan kerangka kerja enam jalan, dan yang ketiga adalah membuat kerangka kerja empat langkah. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: (1) DP Mall Semarang menggunakan strategi Tenant Mix sebagai strategi bersaing saat ini. (2) Hasil dari perumusan strategi samudra biru pada DP Mall Semarang yaitu sebagai berikut: (a) tidak perlu ada faktor yang dihapuskan karena semua faktor penting dan mempengaruhi pengunjung dalam mengunjungi mal, (b) mengurangi keberagaman tenant, (c) meningkatkan keberagaman tempat makan / restaurant / cafe, meningkatkan kebersihan toilet, meningkatkan keberagaman tempat hiburan dan entertainment, meningkatkan keindahan arsitektur, dan (d) membuat acara food festival, membuat acara market bazaar, menyediakan child day care, dan menciptakan new experience. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Strategi Samudra Biru, Pusat Perbelanjaan