PERUMUSAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI STRATEGI BERSAING PADA USAHA LOENPIA MATARAM 481
Daftar Isi:
- Diera modernisasi sekarang ini persaingan bisnis sangat berkembang dengan pesat, persaingan tidak hanya terjadi pada usaha skala besar saja tetapi persaingan juga terjadi pada usaha berskala UMKM. Oleh karena itu perlu untuk menciptakan sebuah strategi baru untuk menghadapi persaingan yang terjadi. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing apa yang telah diterapkan oleh Loenpia Mataram 481 serta untuk merumuskan Blue Ocean Strategy sebagai strategi bersaing Loenpia Mataram 481. Didalam penelitian ini pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah keseluruhan responden didalam penelitian ini sebanyak 15 responden, dan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data selama penelitian ini dilakukan adalah dengan teknik wawancara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi bersaing Loenpia Mataram 481 saat ini adalah dengan menerapkan strategi kepemimpinan biaya atau sering disebut dengan cost leadership. Sedangkan hasil lain yang didapatkan dari penelitian ini adalah pemilik Loenpia Mataram 481 dapat menggunakan strategi baru yaitu dengan menggunakan strategi samudra biru atau blue ocean strategy untuk keluar dari ajang persaingan samudra merah dengan menciptakan loenpia dengan isian rasa baru yaitu sayuran, ikan bandeng dan daging bebek yang belum pernah ditawarkan oleh produsen loenpia lainnya.