PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT, SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
Daftar Isi:
- Penelitian tentang penerapan TQM, dan interaksinya dengan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap kinerja manajerial telah banyak dilakukan dengan obyek penelitian pada perusahaan manufaktur tetapi masih menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan obyek perusahaan jasa yaitu hotel-hotel berbintang di wilayah kota Semarang, dengan responden para manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner ke 14 hotel berbintang di kota Semarang yang menerapkan TQM, dari 80 kuesioner yang disebar, kembali 55 kuesioner (respon rate sebesar 68.75%). Sedang yang dapat dianalisis lebih lanjut hanya 52 kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja manajerial dan regresi berganda untuk menguji interaksi TQM dan sistem pengukuran kinerja maupun sistem penghargaan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Dari hasil analisis regresi linier sederhana, dapat dilihat bahwa sig t sebesar 0.000 dan nilai b sebesar 0.541 maka penerapan TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Untuk hipotesis 2 menggunakan analisis regresi berganda, dapat diketahui sig t = 0.685 (> 0.05) dan besarnya b= - 0,00820. Hal ini dapat disimpulkan bahwa interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan sistem pengukuran kinerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja manajerial. Sedangkan untuk hipotesis 3 dapat dilihat sig t = 0.800 ( > 0.05 ) dan besarnya b = 0.001750, sehingga dapat disimpulkan bahwa interkasi antara Total Quality Management (TQM) dengan sistem penghargaan berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap kinerja manajerial.