ANALISIS STRATEGI ALTERNATIF PENGEMBANGAN USAHA BENGKEL “BUDI MOTOR” BERDASARKAN SWOT
Daftar Isi:
- Tujuan ini adalah untuk menemukan strategi alternatif dalam pengembangan usaha bengkel Budi Motor dengan pendekatan SWOT. Objek penelitian ini adalah di bengkel sepeda motor Budi Motor di Jalan Wolter Monginsidi Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling Responden dalam penelitian ini adalah pemilik bengkel dan kepala teknisi selaku karyawan yang memegang peranan penting dan mengetahui seluk beluk perbengkelan, serta konsumen yang telah melakukan perbaikan di bengkel ini minimal sebanyak 2 (dua) kali, sehingga konsumen tersebut mengetahui atau merasakan kualitas pelayanan yang diberikan sebanyak 10 (sepuluh) orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang membandingkan antara faktor ekstern, yaitu peluang, ancaman dan faktor internal yaitu kekuatan, kelemahan sehingga menghasilkan keputusan yang diambil dan digunakan oleh pemilik demi pengembangan usaha yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bengkel Budi Motor Semarang mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan faktor kelemahan dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Selain itu bengkel Budi Motor Semarang mempunyai peluang yang cukup besar dibandingkan ancaman yang akan timbul. Kata Kunci : kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dan strategi pengembangan