PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara empiris dilakukan untuk mengetahui apakah perilaku belajar dan kebiasaan belajar merupakan faktor yang mempengaruhi nilai MK akuntansi di Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang. Perilaku belajar diukur dengan kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku teks, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian. Kebiasaan belajar erat kaitannya dengan penggunaan waktu baik untuk belajar maupun kegiatan lain yang menunjang belajar, sedangkan prestasi akademik diproksi dengan IPK. Data yang digunakan adalah data primer (diperoleh dengan menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert empat titik). Yang dimaksud dengan nilai MK akuntansi disini adalah seberapa dalam mahasiswa mampu memahami dan menelaah akuntansi secara keseluruhan dilihat dari nilai yang diperolehnya. Tempat penelitian ini dilakukan di Kota Semarang dengan memilih responden adalah mahasiswa akuntansi khususnya angkatan 2000 sampai dengan 2003 dan sudah mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang. Dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh perilaku belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi digunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan kepada 185 orang mahasiswa jurusan akuntansi yang telah menempuh mata kuliah yang berhubungan dengan akuntansi sebagai syarat dalam penelitian ini. Data IPK yang bias sejumlah 40 responden tidak diikutkan dalam pengujian. Sehingga jawaban dari ke-145 orang responden itulah yang akan dianalisis. Dari hasil uji hipotesis 1 dan 2, dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variabel Perilaku Belajar (X1) menghasilkan t = 2,106 dengan sign. t = 0,037 < a = 0,05 sedangkan variabel Kebiasaan Belajar (X2) menghasilkan t = 2,019 dengan sign.t = 0,045 < a = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara partial terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas yaitu Perilaku Belajar (X1) dan Kebiasaan Belajar (X2) terhadap variabel terikat yaitu Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi (Y). Sedangkan uji hipotesis 3, dengan menggunakan uji F dapat diketahui F = 20,274 dengan sign. F sebesar 0,000 < a = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas yaitu Perilaku Belajar (X1) dan Kebiasaan Belajar (X2) terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi (Y).