ctrlnum 13197
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/13197/</relation><title>ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL&#xD; (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang)</title><creator>Margareta L, Lussy</creator><subject>657 Accounting</subject><subject>Job Satisfaction</subject><description>Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan&#xD; oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa&#xD; perusahaan yang telah menerapkan teknik ini ada yang berhasil meningkatkan&#xD; kinerjanya dan ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun&#xD; demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor&#xD; penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM).&#xD; Baberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang&#xD; rendah disebabkan oleh ketergantungannya terhadap Sistem Akuntansi&#xD; Manajemen perusahaan tersebut gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang&#xD; tepat. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM) dan&#xD; komponen sistem akuntansi, yang meliputi sistem pengukuran kinerja, sistem&#xD; penghargaan, kepuasan kerja dan kinerja manajerial. Responden yang digunakan&#xD; adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen.&#xD; Penelitian ini menggunakan data 18 perusahaan manufaktur berskala besar di&#xD; Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner&#xD; yang disebar secara tidak acak kepada 25 perusahaan manufaktur berskala besar di&#xD; Semarang yang telah menerapkan teknik pemanufakturan Total Quality&#xD; Management (TQM). Dari 25 perusahaan tersebut hanya 18 perusahaan yang&#xD; mengembalikan kuesioner. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan yang diteliti&#xD; sebanyak 170 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 105 kuesioner (respon rate&#xD; sebesar 61.76%),. Dari 105 kuesioner tersebut hanya 101 kuesioner yang dapat&#xD; diolah, karena 4 kuesioner yang kembali datanya tidak lengkap. Metode analisis&#xD; data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji&#xD; pengaruhnya Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dan&#xD; regresi linier berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management&#xD; (TQM) dengan sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kepuasan kerja&#xD; mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.&#xD; Hasilnya ditemukan bahwa Total Quality Management (TQM) serta interaksinya&#xD; dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan mempunyai pengaruh&#xD; yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, yang disebabkan karena&#xD; nilai signifikansi t kurang dari 0.05. Sedangkan interaksi antara Total Quality&#xD; Management (TQM) dengan kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh yang&#xD; positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, disebabkan karena nilai&#xD; signifikansi t yang lebih dari 0.05.</description><date>2005</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/1/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/2/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/3/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/4/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/5/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/6/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/7/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/8/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Margareta L, Lussy (2005) ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. </identifier><recordID>13197</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Margareta L, Lussy
title ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang)
publishDate 2005
topic 657 Accounting
Job Satisfaction
url http://repository.unika.ac.id/13197/1/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20COVER.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/2/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/3/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/4/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20III.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/5/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/6/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20V.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/7/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/8/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unika.ac.id/13197/
contents Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik ini ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya dan ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Baberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah disebabkan oleh ketergantungannya terhadap Sistem Akuntansi Manajemen perusahaan tersebut gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM) dan komponen sistem akuntansi, yang meliputi sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan, kepuasan kerja dan kinerja manajerial. Responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen. Penelitian ini menggunakan data 18 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner yang disebar secara tidak acak kepada 25 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang yang telah menerapkan teknik pemanufakturan Total Quality Management (TQM). Dari 25 perusahaan tersebut hanya 18 perusahaan yang mengembalikan kuesioner. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan yang diteliti sebanyak 170 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 105 kuesioner (respon rate sebesar 61.76%),. Dari 105 kuesioner tersebut hanya 101 kuesioner yang dapat diolah, karena 4 kuesioner yang kembali datanya tidak lengkap. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji pengaruhnya Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dan regresi linier berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasilnya ditemukan bahwa Total Quality Management (TQM) serta interaksinya dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, yang disebabkan karena nilai signifikansi t kurang dari 0.05. Sedangkan interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, disebabkan karena nilai signifikansi t yang lebih dari 0.05.
id IOS2679.13197
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-07-10T07:08:47Z
last_indexed 2017-07-10T07:08:47Z
recordtype dc
_version_ 1765771822945533952
score 17.538404