ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang)
ctrlnum |
13197 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/13197/</relation><title>ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang)</title><creator>Margareta L, Lussy</creator><subject>657 Accounting</subject><subject>Job Satisfaction</subject><description>Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan
oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa
perusahaan yang telah menerapkan teknik ini ada yang berhasil meningkatkan
kinerjanya dan ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun
demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor
penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM).
Baberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang
rendah disebabkan oleh ketergantungannya terhadap Sistem Akuntansi
Manajemen perusahaan tersebut gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang
tepat. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM) dan
komponen sistem akuntansi, yang meliputi sistem pengukuran kinerja, sistem
penghargaan, kepuasan kerja dan kinerja manajerial. Responden yang digunakan
adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan data 18 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner
yang disebar secara tidak acak kepada 25 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang yang telah menerapkan teknik pemanufakturan Total Quality
Management (TQM). Dari 25 perusahaan tersebut hanya 18 perusahaan yang
mengembalikan kuesioner. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan yang diteliti
sebanyak 170 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 105 kuesioner (respon rate
sebesar 61.76%),. Dari 105 kuesioner tersebut hanya 101 kuesioner yang dapat
diolah, karena 4 kuesioner yang kembali datanya tidak lengkap. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji
pengaruhnya Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dan
regresi linier berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management
(TQM) dengan sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kepuasan kerja
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Hasilnya ditemukan bahwa Total Quality Management (TQM) serta interaksinya
dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, yang disebabkan karena
nilai signifikansi t kurang dari 0.05. Sedangkan interaksi antara Total Quality
Management (TQM) dengan kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, disebabkan karena nilai
signifikansi t yang lebih dari 0.05.</description><date>2005</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/1/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/2/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/3/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/4/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/5/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/6/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/7/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13197/8/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Margareta L, Lussy (2005) ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. </identifier><recordID>13197</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Margareta L, Lussy |
title |
ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang) |
publishDate |
2005 |
topic |
657 Accounting Job Satisfaction |
url |
http://repository.unika.ac.id/13197/1/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20COVER.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/2/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20I.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/3/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20II.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/4/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20III.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/5/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20IV.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/6/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20BAB%20V.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/7/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/8/01.60.0055%20Lussy%20Margareta%20L.%20LAMPIRAN.pdf http://repository.unika.ac.id/13197/ |
contents |
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan
oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa
perusahaan yang telah menerapkan teknik ini ada yang berhasil meningkatkan
kinerjanya dan ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun
demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor
penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM).
Baberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang
rendah disebabkan oleh ketergantungannya terhadap Sistem Akuntansi
Manajemen perusahaan tersebut gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang
tepat. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM) dan
komponen sistem akuntansi, yang meliputi sistem pengukuran kinerja, sistem
penghargaan, kepuasan kerja dan kinerja manajerial. Responden yang digunakan
adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan data 18 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner
yang disebar secara tidak acak kepada 25 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang yang telah menerapkan teknik pemanufakturan Total Quality
Management (TQM). Dari 25 perusahaan tersebut hanya 18 perusahaan yang
mengembalikan kuesioner. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan yang diteliti
sebanyak 170 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 105 kuesioner (respon rate
sebesar 61.76%),. Dari 105 kuesioner tersebut hanya 101 kuesioner yang dapat
diolah, karena 4 kuesioner yang kembali datanya tidak lengkap. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji
pengaruhnya Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dan
regresi linier berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management
(TQM) dengan sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kepuasan kerja
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Hasilnya ditemukan bahwa Total Quality Management (TQM) serta interaksinya
dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, yang disebabkan karena
nilai signifikansi t kurang dari 0.05. Sedangkan interaksi antara Total Quality
Management (TQM) dengan kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, disebabkan karena nilai
signifikansi t yang lebih dari 0.05. |
id |
IOS2679.13197 |
institution |
Universitas Katolik Soegijapranata |
institution_id |
334 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata |
library_id |
522 |
collection |
Unika Repository |
repository_id |
2679 |
subject_area |
Akuntansi Arsitektur Ekonomi |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2679 |
first_indexed |
2017-07-10T07:08:47Z |
last_indexed |
2017-07-10T07:08:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765771822945533952 |
score |
17.538404 |