Daftar Isi:
  • Ada beberapa tantangan dan kesempatan yang dihadapi oleh para pihak yang terlibat dalam pendidikan akuntansi menghadapi abad 21. Tantangan dan hambatan tersebut akan dihadapi oleh pihak terkait dengan pendidikan akuntansi. Untuk memperoleh gelar akuntan, seseorang harus menempuh pendidikan Akuntansi S1 dan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) yang ditawarkan universitas-universitas atau sekolah tinggi yang lain. Dengan adanya hal ini, diharapkan para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 jurusan akuntansi dapat termotivasi untuk meraih gelar profesi akuntansi yang dapat ditempuh setelah mereka menyelesaikan gelar S1-nya. Dalam penelitian ini obyek yang dipilih adalah perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di kota Lampung. Penelitian menggunakan kuesioner untuk memperoleh data dari responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh suatu hasil bahwa dari tiga prediktor yang digunakan yaitu motivasi kualitas, motivasi karir dan motivasi ekonomi semuanya menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat mengikuti PPAk.