PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI SCHOOL WELL-BEING PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA BAPTIS INDONESIA SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara School Well-being (SWB) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Prodi PAK dan Teologi STBI Semarang. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara SWB dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa STBI Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling dengan bentuk nonprobabilitas yang diperoleh lewat pengambilan sampel cara kuota, di mana dari total populasi mahasiswa S1 yang berjumlah 72 orang, peneliti hanya mengambil sebanyak 55 subyek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Perilaku prokrastinasi akademik diungkap dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik yang disusun dari empat aspek, dan untuk School Well-being (SWB) diungkap dengan menggunakan skala SWB yang disusun dari empat aspek. Hasil uji korelasi dilakukan berdasarkan teknik Product Moment yang menghasilkan rxy = -0, 472 (p < 0,01). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara SWB dengan prokrastinasi akademik. Dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, School Well-being (SWB)