SELF REGULATED LEARNING (SRL) DITINJAU DARI ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN FAMILY CLOSENESS PADA SISWA SMK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan academic self-efficacy dan family closeness dengan SRL pada siswa SMK. Hipotesis mayor yang diajukan adalah ada hubungan antara academic self-efficacy dan family closeness dengan SRL. Hipotesis minor yang pertama adalah ada hubungan positif antara academic self-efficacy dengan SRL, sedangkan hipotesis minor yang kedua adalah ada hubungan positif antara family closeness dengan SRL. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan total subyek 115 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala SRL, skala academic self-efficacy, dan skala family closeness. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil analisis diperoleh R = 0,543 dengan F = 23,451 (p<0,01) yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara academic self-efficacy dengan SRL siswa SMK Negeri 4 Semarang. Hipotesis minor dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hipotesis minor pertama diterima dengan rx1y = 0,435 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01, yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara academic self-efficacy dengan SRL. Sedangkan hipotesis minor kedua diterima dengan rx2y = 0,493 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara family closeness dengan SRL. Kata kunci: SRL, Academic Self-efficacy, Family Closeness.