Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kepercayaan diri dengan konformitas teman sebaya dalam membeli produk fashion pada mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan konformitas teman sebaya dalam membeli produk fashion pada mahasiswa, artinya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah konformitas teman sebaya dalam membeli produk fashion, demikian pula sebaliknya. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Unika Soegijapranata Semarang yang berusia 18-21 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Incidental Sampling. Subyek penelitian ini berjumlah 54 mahasiswa di Unika Soegijapranata Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri dan skala konformitas teman sebaya dalam membeli produk fashion. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik product moment diperoleh rxy = -0,260 dengan p = 0,029 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Kepercayaan diri, Konformitas teman sebaya