Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan impulse buying melalui media online pada wanita karir ditinjau dari locus of control. Hipotesis penelitian adalah ada perbedaan impulse buying melalui media online ditinjau dari locus of control pada wanita karir di wilayah kota Semarang Selatan. Perilaku impulse buying dengan locus of control powerfull others akan lebih tinggi daripada perilaku impulse buying dengan locus of control chance dan locus of control internal. Subjek dalam penelitian ini adalah 80 wanita karir yang bekerja di wilayah kota Semarang Selatan, bekerja pada sektor perkantoran, memiliki pengahasilan diatas 3 juta per bulan, dan memiliki gelar pendidikan minimal strata 1.Teknik samplingnya adalah snowball sampling. Skala yang digunakan adalah skala impulse buying dan skala LOC Levenson. Metode analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA (Analysis of Variance). Berdasarkan analisis data diperoleh nilai F= 4,680, nilai p= 0,012 (p<0,05). Hasil ini berarti bahwa hipotesis diterima, yaitu ada perbedaan impulse buying melalui media online pada wanita karir ditinjau dari locus of control. Kata kunci : impulse buying, locus of control, internal, powerful others, chance