PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PERSALINAN NORMAL UNTUK PERUBAHAN PARADIGMA CALON IBU DALAM MENGURANGI TREN OPERASI CAESAR
Daftar Isi:
- Saat ini operasi caesar tengah menjadi tren, dalam dua puluh tahun terakhir, angka operasi caesar meningkat pesat. Jalan ini lebih banyak dipilih oleh ibu-ibu masa kini dengan berbagai alasan pilihan pribadi, seperti menghindari rasa sakit, ataupun pemilihan hari baik untuk sang buah hati. Meskipun operasi Caesar harus menanggung biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan persalinan normal. Namun dibalik alasan-alasan tersebut, dirasa banyak calon ibu kurang dalam mengetahui resiko resiko yang akan mereka alami apabila ibu dan keluarga memilih persalinan cesar, walaupun ibu masih memungkinkan untuk melakukan proses kelahiran normal. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasi riset melalui metode penelitian tinjauan pustaka, wawancara dan juga Forum Group Disscusion kepada para wanita usia produktif. Didalamnya terdapat beberapa pertanyaan seputar pengetahuan target tentang persalinan, dan didapatkan hasil riset bahwa sebagian besar wanita pada usia 20-29 tahun merupakan kisaran wanita di Indonesia melakukan persalinan tetapi sebagian besara calon ibu masih kurang mengenal bagaimana persalinan yang baik bagi ibu dan juga calon bayi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah kampanye sosial sebagai salah satu media untuk merubah paradigma calon untuk memilih persalinan normal dibandingkan operasi caesar yang sedang menjadi tren. Kampanye sosial Melahirkan Normal, sebuah kampanye yang mengajak para calon ibu muda masa kini, untuk memilih persalinan normal selama memiliki kondisi yang baik. Kampanye ini menggunakan metode AISAS dan akan lebih menyasar pada faktor emosional target sasaran yang akan dihadirkan melalui sebuah seni, dimana diadakan sebuah pameran seni fotografi persalinan normal sebagai media utama dari kampanye ini. Melalui kampanye ini diharapkan target sasaran memiliki suatu pemahaman baru bahwa persalinan normal, adalah suatu proses yang membahagiakan dan memiliki keindahan dalam setiap prosesnya dan mengetahui bagaiman perancangan komunikasi visual yang tepat untuk target sasaran. Kata Kunci : Kampanye Sosial, Persalinan Normal, Keindahan