Daftar Isi:
  • kewirausahaan pada diri seorang dalang di industri kreatif. Latar belakang masalahnya adalah untuk mengetahui keberadaan dimensi kewirausahaan pada diri seorang Ki Joko Haryanto di industri warisan wayang kulit yang pada dasarnya industri ini didasari dengan nilai seni, namun melihat keberadaan para pelaku yang bergerak di bidang industri secara tidak sengaja pasti ada tuntutan dari lingkungan maupun kebutuhan pribadi yang harus dicukupi. Karena keberadaannya diantara dua dunia yaitu seni dengan orientasi nilai dan wirausaha (bisnis) dengan orientasi nilai materiil membuat dimensi wirausaha sangat dibutuhkan oleh para pelakunya. Metode penelitian yang digunakan pada penyusunan skripsi ini didasarkan pada tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam yang digunakan sebagai data primer untuk penelitian ini dan penggunaan data sekunder sebagai penunjang data untuk memperkuat skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dalang Ki Joko Haryanto sebagai subjek penelitian ini memiliki dimensi kewirausahaan di dalam industri kreatif wayang kulit yang ia geluti. Dalam dimensi mengorganisir sumber daya peralatan Pak Joko menentukan skala prioritas pembelian peralatan, memilih peralatan yang berkualitas, dan membatasi kepemilikan peralatan untuk menghemat biaya maintenance. Dalam dimensi mengorganisir sumber daya keuangan, Pak Joko menentukan tarif pertunjukan untuk mendapatkan keuntungan. Pak Joko juga menyisihkan uang untuk melakukan investasi. Dalam dimensi mengorganisir properti intelektual, Pak Joko memelihara, menyebarluaskan, dan meregenerasi keahlian yang dimilikinya. Dalam dimensi mengorganisir sumber daya manusia, Pak Joko memilih sumber daya manusia yang bergabung ke dalam grupya dan juga meningkatkan kualitasnya. Dimensi kewirausahaan Pak Joko dalam kemampuan berwirausaha dapat ditunjukkan dengan berinovasi dengan ide-ide baru dan menetapkan target ke depan untuk mengembangkan industrinya. Dimensi kewirausahaan Pak Joko dalam melihat kondisi pasar dapat dilihat dari segmenting pasar yang dilakukannya. Pak Joko juga memperhatikan karakteristik kesukaan masing-masing daerah tempat pertunjukan sebelum melaksanakan pertunjukan. Keyword : Dimensi, kewirausahaan, industri kreatif, inovasi, wayang kulit