Efek Penerapan Compic Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis Non Verbal
Daftar Isi:
- Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif (pervasif Developmental Disorder) yang ditandai dengan gangguan kualitatif dalam interaksi sosial, komunikasi, perilaku, minat dan kegiatan. Anak autis non verbal adalah anak autis yang memiliki kesulitan berkomunikasi dengan bahasa atau berbicara, tidak mengerti bahasa gerak atalJ isyarat sehingga memiliki hambatan (jalam mengekspresikan keinginannya. Keterbatasan komunikasi dalam melakukan komunikasi yang efektif menyebabkan anak berperilaku negatif seperti perasaan tertekan, agresif, menyakiti di[i sendiri, temper tantrum dan frustasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penerapan COMPIC dalam meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis non verbal. COMPIC merupakan alat bantu visual y'ang bertujuan untuk menjembatani komunikasi pada anak autis non verea!. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen model single subjek design, yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan satu subyek. Penelitian ini menggunakan paradigm a A-B-A. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah rating scale kemampuan komunikasi ana autis non verbal. Pengujquran dilakukan pada pada saat baseline, treatment, paska perlakuan dan evaluasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan COMPIC dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis non verbal. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rating scale dan respon munculnya spontanitas pada anak autis non verbal. Kata kunci : Autisme, metode COMPIC, Kemampuan komunikasi.