Daftar Isi:
  • Lansia atau lanjut usia merupakan golongan orang berusia 60 tahun ke atas (menurut UU RI no 13 th 1998) yang mempunyai berbagai macam karakteristik dan penggolongan. Karakter yang berbeda – beda membuat lansia mempunyai masalah yang sangat beragam dan kompleks. Mulai dari masalah fisik, psikologis, hingga psikososial. Penurunan kemampuan fisik yang merupakan alamiah membuat lansia mudah untuk patah semangat dan tidak jarang yang membebani pihak keluarga dan masyarakat. Lansia perlu didorong semangatnya lagi sehingga meskipun mereka mengalami berbagai penurunan kemampuan, mereka masih dapat semangat dalam menjalani hidup. Sosok yang mempunyai potensi besar untuk mengangkat kembali semangat patah pada lansia adalah remaja. Remaja pun mempunyai penggolongan, baik itu remaja awal, madya, maupun remaja akhir. Remaja madya ditentukan sebagai target primer untuk kampanye sosial ini. Faktor usia (remaja madya masih bisa termasuk cucu lansia) dan jaringan pertemanan yang lebih luas daripada remaja awal menjadi bahan pertimbangan remaja madya dijadikan target primer dari kampanye sosial ini. Remaja madya atau di Indonesia termasuk anak SMA mempunyai jaringan pertemanan sebaya yang luas, energik, dan mampu membuat perubahan besar. Diharapkan dengan kampanye sosial “Cerita Lansia Bersama Kaummuda” ini, remaja mampu mengangkat kembali semangat hidup lansia sehingga tercipta Indonesia yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah melalui cultural probing, wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Semua data yang telah diperoleh kemudian dikerucutkan untuk mendapatkan kesimpulan akhir dengan mempertimbangkan insight. Sehingga diperolehlah hasil yaitu bahwa remaja madya mau dan mampu untuk berpartisipasi dalam peningkatan semangat hidup lansia. Dari perancangan ini maka dapat disimpulkan bahwa masalah utama lansia adalah dalam hal semangat. Semangat yang tinggi dapat menjadikan konsidi psikologis lansia menjadi baik meskipun kondisi fisik yang sudah menurun. Terobosan untuk masalah ini adalah kampanye sosial melalui remaja SMA yang mempunyai semangat tinggi. Kata kunci : remaja, SMA, lansia, semangat hidup, media sosial, kampanye sosial