Daftar Isi:
  • Permasalahan dari perancangan ini adalah bagaimana merancang komunikasi visual yang efektif dalam kampanye sosial, yang bisa bermanfaat untuk mengajak target untuk berwirausaha kreatif di bidang kuliner kulit lumpia. Tujuan dari penelitian yang diadakan adalah untuk merancang komunikasi visual yang efektif dalam kampanye sosial untuk sosialisasi kewirausahaan industri kreatif di bidang kuliner kulit lumpia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara ke kampung kulit, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan ke responden. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa kulit lumpia dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif yang baru dan unik untuk berwirausaha. Selain itu, pemerintah juga sudah mempunyai program untuk mengajak masyarakat membuka lapangan kerja baru yaitu MUK (Manajemen Usaha Kecil). Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan kulit lumpia menjadi jenis makanan baru bisa digunakan sebagai bahan suatu wirausaha kuliner kreatif di Indonesia, terutama di kota Semarang. Kata kunci : wirausaha, kuliner, kulit lumpia