ALTERNATIF STRATEGI USAHA GAME CENTRE "SPIDER" SEMARANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi usaha yang tepat bagi Game Centre “SPIDER” Semarang. Obyek penelitian adalah Game centre “SPIDER” yang berlokasi di Ruko Hasanudin 17 J, Semarang. Dalam penelitian ini populasinya adalah para pengunjung Game centre “SPIDER”, pemilik, pegawai dan pesaing. Pemilihan sample dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa pemilik adalah orang yang mengambil keputusan langsung. Sampel lain yaitu 30konsumen atau pelanggan game centre “SPIDER”, serta 3 orang karyawan dan 2 pesaing. Jenis datanya merupakan data primer dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh game center SPIDER berdasarkan analisis SWOT adalah: (1)Market development (yaitu melalui pengembangan atau perluasan pasar baru yaitu menambah konsumen) dengan cara: Menambah jumlah komputer untuk menambah jumlah kapasitas konsumen, menambah jumlah konsumen dengan melakukan promosi. menambah promosi lebih gencar untuk mengatasi persaingan yang ada. (2) Product development (atau strategi pengembangan produk), yaitu dengan cara: menambah varian game yang lebih banyak, meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan koneksi yang lebih tinggi, mengatasi persaingan dengan pelayanan yang baik yaitu kualitas lebih baik dan harga yang murah serta game lebih banyak, mengatasi ancaman keamanan (parkir) yang lebih baik untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen