PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL : KAMPANYE SOSIAL KESELAMATAN DIRI DARI PENCULIKAN DAN PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 9 -10 TAH
Daftar Isi:
- Penculikan dan pelecehan seksual anak adalah kriminalitas yang saat ini menyerang anak-anak Indonesia. Sayangnya, anak-anak tidak tahu cara menghadapi jika mereka mengalami penculikan atau pelecehan seksual tersebut. Kurangnya pendidikan non formal, menyebabkan anak-anak kurang menjaga diri karena tidak tahu bahaya-bahaya tersebut, sehingga mereka bisa menjadi korban kriminalitas tersebut. Selain itu, komunikasi yang dimulai dari keluarga sangat lah penting untuk mengajak anak-anak terbuka untuk menceritakan kehidupan sehari-hari mereka. Metode yang digunakan dalam perancangan Proyek Akhir ini adalah metode kuesioner dan wawancara, dimana responden adalah anak-anak sekolah dasar kota Semarang; metode observasi yang digunakan untuk mengamati perilaku sehari-hari anak sekolah dasar; dan metode tinjauan pustaka. Dalam perancangan ini, menghasilkan suatu bentuk komunikasi visual yaitu kampanye sosial yang mengedukasi anak-anak untuk menjaga keselamatan diri mereka terhadap penculikan dan pelecehan seksual. Selain itu, dalam temuan ini diharapkan dapat ikut serta melindungi anak-anak dari bahaya penculikan dan pelecehan seksual. Dalam ilmu desain komunikasi visual, proyek akhir ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk proyek akhir yang akan datang. Kata kunci : penculikan, pelecehan seksual anak, anak-anak Indonesia