Daftar Isi:
  • Dewasa ini banyak sekali jenis dan merek produk makanan maupun minuman yang beredar di pasaran, tidak terkecuali jenis permen ataupun coklat Produk perm en saat ini memiliki kemasan, bentuk, dan warna yang beragam sehingga bisa menggugah selera anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Dengan berbagai macam jenis dan merek tersebut menimbulkan ketatnya persaingan antar perusahaan yang menghasilkan produk permen atau coklat Dal am penentuan pembelian produk permen atau coklat, banyak faktor yang memepengaruhi dalam pembelian tersebut, diantaranya dari faktor mutu dan keamanan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui sikap dan persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan tingkat konsumsi dan hubungan antar sikap dan persepsi anak SMA dan SMK terhadap produk permen atau coklat yang di konsumsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik survei dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rasa merupakan salah satu faktor dari mutu yang paling menentukan dalam mengkonsumsi permen atau coklat (86,67%). Akan tetapi, jika dilihat dari segi keamanan banyak responden yang mengetahui bahwa permen dapat memsak gigi (88,33%), namun banyak responden tetap mengkonsumsi permen atau coklat tanpa memperdulikan faktor keamanan tersebut Hal ini menunjukkan bahwa walaupun banyak responden mempunyai persepsi bahwa permen atau coklat dapat merusak gigi, namun mereka tetap mengkonsumsinya. Dan rasa merupakan salah satu faktor mutu yang sangat menentukan dalam konsumsi permen atau coklat